Film Thialand bergenre Romance-Comedy tentu sudah menjadi sebuah komoditas yang menarik bagi banyak orang. Dari gaya cerita, gaya punch line, sampai aktor dan aktrisnya, industri film Thailand menawarkan hal yang cukup unik dan menarik. Berbeda dengan genre Horror nya yang sudah mulai meredup, genre komedi romansa di industri film Thailand selalu melahirkan banyak film yang patut ditonton setiap tahunnya. Film komedi romansa tersebut kemudian senantiasa memunculkan beberapa wajah aktris dan aktor baru yang kemudian menjadi ikon bagi industri film Thailand. 

Jika pada angkatan awal 2010 Baifern Pimchanok, Chantavit Dhanasevi, Mario Maurer, Kao Jirayu, Peach Pachara, PunPun Sutata menjadi beberapa aktor dan aktris yang sangat Ikonis, kini industri film Thailand melahirkan beberapa aktor dan aktris ikonis lainnya. Sebut saja Sunny Suwanmethanon dan Naphat Siangsomboon muncuk sebagai 2 aktor ikonis lainnya yang secara frekuensi cuku sering muncul di beberapa judul film Thailand diatas tahun 2015. 

Dengan bertambahnya judul-judul film bergenre romance comedy Thailand yang bagus dan menarik, berikut daftar 'up to date'  16 film romance comedy Thailand terbaique:

1. I Fine Thank You Love You (2015)


Sinopsis by: Klik disini

Apa jadinya bila seorang tutor Bahasa Inggris cantik mendapat perhatian khusus dari dua pria muda tampan yang merupakan muridnya sendiri? Inilah yang harus dialami oleh Pleng (Preechaya Pongthananikorn) saat mengajar Pruek (Two Popetorn Sunthornyanakij) di kelas bisnis dan Gym (Sunny Suwanmethanont) secara privat.

Pruek adalah pria tampan dari keluarga berada yang pandai berbahasa Inggris. Sebaliknya Gym kesulitan bahkan untuk mengerti kata-kata dasar yang mudah dihafal oleh anak-anak. Namun Gym bertekad untuk menguasai bahasa tersebut demi bisa mengejar Kaya (Sora Aoi) gadis Jepang cantik yang mencampakkannya sepihak setelah mendapatkan pekerjaan di Amerika Serikat.
  
2. App War (2019)


Bomb dan June adalah muda-mudi yang bertemu secara kebetulan dan secara kebetulan pula memiliki banyak hobi yang sama. Namun tanpa keduanya menyangka-nyangka, mereka juga memiliki ide yang sama dalam membuat startup. Karena ide yang persis, keduanya pun segera menjadi kompetitor untuk meraih hati investor guna mendapatkan pendanaan dari investor terkemuka. Bomb dengan aplikasi inviter-nya, sementara June dengan aplikasi Amjoi-nya.

Inviter dan Amoji merupakan 2 aplikasi dengan konsep serupa yang memfasilitasi orang-orang dengan hobi yang sama untuk berkumpul dan melakukan hobinya. Namun hanya ada satu aplikasi yang akan didanai oleh investor ternama Thailand dan maka dari itu Bomb dan June harus benar-benar membuktikan bahwa aplikasi mereka yang paling layak.

3. ATM Er Rak Error (2013)


Jib (Preechaya Pongthananikorn) seorang wanita karier yang bekerja sebagai wakil direktur di sebuah bank bernama JNBC (Japan National Bank of Commerce), sebuah bank dari Jepang. Peraturan di bank itu menyebutkan bahwa sesama pegawai tidak boleh menjalin hubungan percintaan, dan jika ketahuan maka salah satunya harus keluar. Jib adalah salah satu orang yang berwenang untuk menyidangkan hal itu. Sayangnya dibalik semua itu ternyata dia menjalin hubungan dengan Sua (Chantavit Dhanasevi) yang tak lain adalah bawahannya sendiri.

Setelah kurang lebih selama 5 tahun menjalani cinta secara sembunyi-sembunyi, maka diputuskan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu perkawinan. Sayangnya ada hambatan dengan peraturan perusahaan sehingga siapa yang akan keluar dari pekerjaannya. Di sinilah ego masing-masing muncul menjadikan sebuah konflik yang mau tidak mau harus dihadapi. Sua sebagai seorang laki-laki mengharapkan dia yang tetap bekerja dengan alasan sebagai kepala keluarga dan seorang istri tugasnya mengurus rumah tangga di rumah. Jib mempunyai alasan bahwa dia memiliki jabatan, karier, dan gaji yang lebih tinggi sehingga sayang bila dilepas begitu saja.

4. May Who (2015)


Sinopsis By: Klik Disini

Bercerita tentang seorang gadis bernama May yang tidak terkenal sama sekali di sekolah dan ia dipanggil dengan sebutan May Who karena tidak ada yang mengenalnya. Pong (Bank Thiti) merupakan salah satu murid laki-laki yang jago menggambar. Pong setiap hari membuat komik yang bercerita tentang gadis yang disukainya bernama Ming dan dirinya sebagai pahlawan yang selalu membela Ming. Suatu hari, Pong tidak sengaja menumpuk buku komiknya ke gurunya dan ditemukan oleh May, gadis yang mempunyai kekuatan super berupa aliran listrik yang muncul ketika degup jantungnya membesar.

Saat Pong mengetahui bahwa May yang menyebarkan cerita komiknya, Pong berusaha merebut buku miliknya namun ia tersampar petir yang keluar dari tangan May. Pong berjanji untuk merahasiakan kekuatan May dan berteman dengan May. May ternyata menyimpan perasaannya untuk Fame dan meminta Pong membantunya. Akhirnya, May bisa dekat dengan Fame karena ternyata Fame juga suka kepada May. Mengetahui hal itu, Pong merasa sakit hati karena ia telah diam-diam menyukai May dan mencoba menyerah pada perasaannya.

5. My Name is Love (2012)


Sinopsis By: Klik Disini

Q (Arak Amornsupasiri) Waktu masih sekolah dulu adalah sosok cowok tampan yang populer dan banyak disukai gadis-gadis. Q pun menjadi tinggi hati. Ketika Kerr (Thanyasupang Jirapreechanon), tetangganya yang gemuk dan berkacamata tebal, menyatakan cintanya pada Q, ia justru menolaknya mentah-mentah dan mematahkan hati gadis kecil itu. Kerr pun bersumpah bahwa bila nantinya Q jatuh cinta padanya, dia gak akan sudi menerimanya meski tetangganya itu memohon-mohon padanya. 

Ketika dewasa, Q pun menyesali perbuatannya karena Kerr ternyata tumbuh menjadi seorang gadis yang sangat cantik. Q ingin sekali meminta maaf dan menyatakan rasa cintanya pada tetangganya itu. Tapi, karena tak sengaja mendaftar menjadi seorang Cupid, Q pun harus menyelesaikan tugasnya dulu sebelum dirinya dapat menyelesaikan masalah pribadinya itu. Tapi, dengan mengulur-ulur waktu, Kerr yang tak paham perasaan Q yang sebenarnya pun jadinya memilih untuk menjauh.

6. Lulla Man (2010)



Tan, Joon, dan Tu adalah tiga sahabat playboy kelas kakap dan tinggal 1 rumah dengan istri mereka masing-masing. Tan adalah seorang fotografer yang memiliki tugas untuk mencari pengganti model yang cantik. Joon adalah seorang penyanyi band di klub malam yang bernama Lulla. Tu adalah seorang pembuat film. Mereka masing-masing memiliki karakter yang berbeda-beda dalam mencari simpanan, walaupun pernah suatu hari mereka berhubungan dengan satu wanita yang sama. Kecurigaan demi kecurigaan pun dirasakan istri mereka masing-masing. 

Tapi berkat kecerdikan mereka, semua rahasia untuk sementara waktu bisa tersimpan dengan baik. Suatu hari Tan bertemu dengan criteria model yang dia inginkan. Dia bernama Suzie. Suzie adalah seorang pacar dari konglomerat tua ternama. Kepuasan harta duniawi bisa dibilang dia dapatkan tanpa cela, namun lain halnya dengan kepuasan batin seorang wanita normal yang tidak dia rasakan. Suzie pun ternyata jatuh cinta terhadap Tan. Akan tetapi, Tan dkk sudah berjanji tidak akan selingkuh lagi dari istri-istri mereka. Problematika dan dilematika percintaan mereka pun berlanjut hingga yang pada akhirnya harus ada yang dikorbankan.

7. Best of Times (2009)



Seorang dokter hewan bernama keng, tidak pernah bisa melupakan cinta masa Sma nya yaitu si fei. suatu hari keng dan mantan suaminya fai mabuk dan mlanggar peraturan lalu lintas. oleh karenanya, keng yang merupakan seorang dokter hewan dihukum harus mengajarkan teknologi kepada lansia-lansia disana. di kelas ini, keng bertemu seorang kakek dan nenek yang berpacaran. dan berbagai kejadian pun terjadi.

8. Suckseed (2011)


Sinopsis By: Klik Disini

Berkisah sekelompok remaja yang ingin membentuk band rock untuk mendapatkan gadis-gadis cantik. Namun masalah terus berdatangan, mereka harus terus menerus gagal sebelum sukses. Sebenarnya Ped adalah kutu buku di SD yang tidak memiliki minat musik. Sejak teman sekelasnya Ern berbagi kecintaannya pada musik dengannya, Ped jadi menyukai Ern.  

Ern adalah jagoan gitar yang sangat populer di sekolahnya, sementara Ped masih seorang kutu buku. Setelah membentuk Ped membentuk band, segala hal ia lakukan, band yang mereka mainkan buruk dan anggota secara teratur berakhir sebagai pecundang. Perjuangan band serta persahabatan mereka dipertaruhkan demi Ern.

9. Hello Stranger (2010)



Sinopsis By: Klik Disini

Film ini bercerita tentang Dang seorang laki-laki yang baru diputuskan oleh pacarnya. Demi mengobati rasa patah hatinya, ia mengikuti tour ke Korea Selatan. Namun sesampainya disana, dia terpisah dari rombongannya. Ia bertemu dengan seorang wanita yang juga asal Thailand dan mengikuti wanita tersebut ke berbagai tempat di Korea. Meski telah berjalan bersama-sama, Dang tidak mengetahui nama wanita tersebut. Karena semenjak berkenalan wanita itu tidak pernah menyebutkan namanya.

10. Brother of The Year (2018)



Sinopsis By: Klik Disini

Film ini mengisahkan Jane (Urassaya Sperbund) yang tinggal bersama kakaknya sendiri, yaitu Chut (Sunny Suwanmethanont).  Uniknya, keduanya memiliki dua karakter yang berbeda. Chut merupakan orang yang sembrono dan kerap membuat tempat tinggal mereka berantakkan. Sementara itu, Jane yang merasa bahwa dia yang paling kecil, harus membersihkan semua kekacauan kakaknya.

Namun, kehidupan Jane di luar rumah jauh lebih bahagia, karena bertemu dengan Moji (Nichkhun). Keduanya menjalin cinta dan romansa bersama. Sampai pada akhirnya Moji mengajak Jane untuk menikah. Mendengar kabar ini, sang kakak Chut merasa tidak ingin ditinggalkan. Berbagai cara dilakukan oleh Chut untuk mencegah adiknya, pergi jauh. Berbagai hal konyol dan penuh drama akan dilakukan Chut agar adiknya tidak pergi. Bisakah, Chut mencegah Jane menikah dengan Moji. Salah satu film drama komedi yang pastinya akan menarik untuk ditunggu. Brother of The Year bahkan sering disebut sebagai film komedi terlaris di bioskop Thailand pada tahun 2018.

11. Mr Hurt (2017) 


Sinopsis By: klik disini

Mr. Hurt bercerita tentang kisah seorang petenis profesional bernama Don Sri-Chang (Sunny Suwanmethanon). Ia baru saja patah hati karena diputuskan kekasihnya Anna (Marie Broenner), bersamaan dengan tangannya yang patah dan membuatnya tidak bisa bermain tenis untuk sementara waktu.

Saat menonton film ini, kita akan mengikuti perjalanan Don untuk mengobati luka dihatinya sekaligus mengembalikan semangat Don untuk kembali ke lapangan tenis. Perjalanan Don menyembuhkan patah hati dibantu oleh sahabat kecilnya, Dew (Mashannoad Suvalmas), yang secara mengejutkan kembali ke kehidupan Don setelah menghilang selama 10 tahun.

12. Friendzone (2019)


Sinopsis By: klik disini

Palm ( Naphat Siangsomboon) telah terjebak dalam sebuah hubungan sebatas teman atau friend zone bersama sahabatnya, Gink (Pimchanok Luevisadpaibul) selama 10 tahun. Selama mereka SMA, Palm telah mencoba menyatakan perasaannya pada Gink. Namun, Gink langsung menolak, sejak penolakan itu, Palm dan Gink semakin dekat sebagai sahabat sejati.

Setiap Palm putus cinta dengan sekian banyak perempuan, ia akan memberitahu Gink. Begitupula dengan Gink, bila sedang bertengkar dengan kekasihnya, dimana pun ia berada, seperti saat Myanmar, Malaysia, maupun Hong Kong, ia segera menelepon Palm dan Palm menggunakan profesinya sebagai pramugari untuk naik pesawat menemaninya.

13. Seven Something (2012)


Seven Something adalah  film romance omnibus. Film ini disutradarai oleh Jira Maligool, Adisorn Trisirikasem, dan Paween Purikitpanya dan memiliki 3 cerita didalamnya. Film ini memiliki 3 fokus kisah berbeda dengan 3 panggung kehidupan berbeda. Setiap pasangan yang berada di generasai berbeda memiliki keresahan akan panggung kehidupannya masing-masing. 

14. The Bedside Detective (2007)



Jock adalah seorang detektif yang biasanya dibayar para istri untuk memburu foto perselingkuhan suaminya. Dengan berbagai macam cara dan dibantu kedua orang temannya yang bernama Jack dan Rue Tai, Jock selalu berhasil menjalankan tugasnya sebagai detektif dengan baik. Suatu ketika, Jock disewa seorang wanita bernama Sawapha untuk menyelidiki perselingkuhan suaminya dengan seorang gadis bernama Nampan. Siapa sangka, Jock malah jatuh hati dengan gadis bernama Nampan itu dan penyelidikannya kali ini justru membawanya ke kisah yang lebih rumit.

15. Fabulous 30 (2011)



Ja, seorang gadis cantik usia 31 tahun yang masih menjomblo.. masih belum mendapatkan jodoh sejatinya. terakhir dia berpacaran selama 7 tahun dan berakhir begitu saja. kekasihnya lebih memilih pekerjaan daripada dia. sampai pada akhirnya datanglah por, seorang pemuda usia 24 tahun yang tertarik padanya. ketertarikan por ini sebenarnya adalah inta pada pandangan pertama. dan por pun berusaha untuk memenangkan hatinya ja.

16. Bangkok Traffic Love Story (2009)


Sinopsis By: Klik Disini

Li (Sirin Horwang) adalah perempuan kota tengah berada di puncak kegelisahannya karena masih lajang pada usianya yang sudah mencapai 30 tahun. Film ini dibuka dengan adegan-adegan awal yang tidak meyakinkan bahwa alur akan berkembang menjadi sedemikian kuat, intens dan menarik. Usai menghadiri pernikahan temannya, Li mabuk dan ikut menginap di hotel tempat mempelai melewatkan malam pertama. Saya sempat merasa, ini kok kayak bokep Thailand yang pernah saya beli di Glodok. Pulangnya dini hari, mobil yang dikemudikan Li mengalami kecelakaan. Peristiwa itu menjadi jalan pertemuan bagi Li dengan cowok ganteng yang punya nama unik, Paman (Theeradej Wongpuapan), seorang teknisi di perusahaan kereta api listrik BTS. 

Li yang tak pernah pacaran kesulitan mencari cara untuk menindaklanjuti pertemuan itu agar bisa mengenal Paman lebih dekat. Belakangan, dia belajar dari ABG cantik tetangganya, Plerd, bahwa memberikan nomor telepon merupakan cara yang mudah dan efektif untuk mengawali sebuah hubungan. Perilaku konyol dan norak Li sebagai cewek kolot yang kurang pengalaman untuk urusan cowok menjadi bahan eksplorasi untuk memberikan bumbu humor yang menggelitik bagi film ini. Begitulah, dengan perkembangan alur yang pelan dan agak datar, film ini dengan sabar mencuri dan melibatkan emosi penonton untuk masuk ke dalam cerita.

17. Loe Julinsee (2011)



Love Julinsee atau Love at 4 size adalah sebuah film omnibus yang didalamnya terdapat 4 cerita. Cerita-cerita tersebut berlatar pada kisah anak muda baik dari segi perselingkuhan, LDR, sampai tertarik secara diam-diam. Adapun judul untuk setiap cerita meliputi: Senior Crush, Waiting, Love is not to be played, dan Best Friend.


18. Cool Gel Attack (2010)



Thailand mengguncang dunia dengan melaporkan sebuah benda asing jatuh dari langit. Penduduk yang menemukannya menyatakan bahwa benda tersebut adalah makhluk luar angkasa, namun kemudian pemerintah meluruskan bahwa benda tersebut tidak lain hanya sekedar gel dingin penurun panas. Benda misterius ini pun jatuh di rumah Teerachai (Jaturong Phoboon), seorang tukang roti yang yang sedang bermusuhan dengan tetangganya, Maew (Jim Chuanchen), seorang pengusaha es batu. Pertikaian semakin memburuk ketika keponakan Maew, Sommhai (Fred Nattaphong), jatuh cinta dengan putri semata wayang Teerachai, Moo-Dang (Peak Pattarasaya). Ketika benda misterius tersebut menjelma menjadi mahluk mematikan, Teerachai dan Maew terpaksa harus bahu-membahu demi menyelamatkan dunia.

19. Like Love (2012)



Seorang remaja bernama Tong (Angkun Thanasupjaroen) membuat kelompok dokter cinta untuk membantu orang-orang mengungkapkan cinta kepada orang yang mereka kasihi. Dokter cinta berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan mencapai mimpi mereka yaitu : membuat film milik mereka sendiri. Ketenaran kelompok ini sampailah ketelinga Tn. Lamphao (seorang pengusaha muda kaya raya) yang sedang jatuh cinta pada seorang pramugari cantik yang bernama Meen (Sucharat Manaying) yang tidak lain tidak bukan mantan kekasih dari Tong. Tn. Lamphao sanggup membayar mahal dan sanggup untuk membiaya film dokter cinta jika mereka berhasil menjodohkan dia dengan Meen.

20. Loser Lover (2010)



Sudketh bersama Under mau mengikuti kompetisi band di sebuah label rekaman COPY. Sebelum mengikuti audisi Sudketh dihadapi masalah ketika berhadapan dengan seorang satpam gedung tempat dia audisi. Untungnya persoalan tersebut bisa diatasi. Ketika mau menuju ruang audisi, dia bertemu dengan Mayom dkk yang disana juga sedang melakukan audisi model dan penari band Why Soul Wa. Dengan polos dan berani, Sudketh mendekati Mayom. Dia pun mengambil ponsel Mayom untuk menyimpan nomer teleponnya. 

Perpisahan mereka pun cukup sampai disana dahulu karena Sudketh sudah telat audisi. Audisi pun selesai, dan nasib keberuntungan sepertinya sedang tidak menghampiri dirinya. Namun, Sudketh tetap tersenyum walaupun dirinya ditolak oleh 2 juri tersebut. Dia teringat pesan ayahnya, walaupun kalah, kamu harus tetap tersenyum. Akan tetapi, Sudketh tidak menyerah begitu saja, karena dalam prinsip hidupnya sebelum usaha 3 kali dia tidak boleh menyerah begitu saja. Lalu bagaimanakah kisah kelanjutan hubungan Sudketh dengan Mayom yang dijumpainya sebelum audisi?

21. Cat AWOL / Cat A Wabb (2015)



Seorang gadis muda bernama Mayo (Baifern Pimchanok Luevisadpaibul) yang magang di agensi iklan dan seorang asisten sutradara muda Mor (Arak Amornsupasiri), mereka ditugaskan mencoba untuk mengarahkan kucing milik seorang gangster jepang untuk promosi iklan komersial mei instan. Membuat kucing bisa berakting bukanlah hal mudah sehingga keduanya pun kewalahan untuk membujuk kucing tersebut agar mau berakting, namun karena hal itu pula keduanya semakin dekat dan tampaknya perasaan Mayo kepada Mor mulai bersambut. Film ini akan membuamu tertawa ditengah-tengah kesibukanmu.

22. One Day (2016)



Denchai (Chantavit Dhanasevi) karyawan bagian IT sebuah perusahaan yang jatuh cinta kepada Nui (Mew Nittha Jirayungyurn) karyawati cantik diperusahaannya. Namun karena Denchai cupu dan tidak percaya diri, dia hanya memandang Nui dari jauh. Pada saat kantor mereka wisata ke jepang, Nui mengalami kecelakaan dan menyebabkan hilang ingatan. Denchai memanfaatkan situasi tersebut dengan mengaku sebagai pacar Nui. Kelucuan terjadi ketika Denchai berusaha meyakinkan Nui bahwa dia adalah pacarnya. Awalnya Nui merasa janggal namun seiring perjalanan Nui mulai pun mulai membuka hatinya.