Semua mahasiswa/i tingkat akhir pasti memiliki ceritanya masing-masing. Dari cerita pertama kali kuliah, lalu cerita pertemanan semasa kuliah, asmara, sampai dilemanya dunia perskripsian. Catatan Akhir Kuliah (2015) adalah sebuah film komedi berdasarkan kisah nyata yang diadaptasi dari buku dengan judul sama. Film ini memiliki 'cara penyampaian' yang sangat menarik. Visualiasi dari flashback yang dianalogikan dengan bagian-bagian bab dari skripsi menjadi ide cerdas yang menjadi transisi dari film.

Seperti halnya kisah mahasiswa/i di dunia perkuliahan, Sam Maulana memiliki sebuah kisah yang cukup unik dan menarik. Sebagai mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang belum juga lulus sampai dengan semester ke 11, cerita-cerita Sam tentang pertemanan hingga kisah naasnya dalam asmara dituangkan ke buku berjudul Catatan Akhir Kuliah yang terbit pada tahun 2014 dan difilmkan pada tahun 2015.


Sinopsis Catatan Akhir Kuliah (2015)

Sam adalah seorang mahasiswa semester 11 di Institut Pertanian Bogor (IPB) yang masih belum lulus karena terkendala skripsi. Menjadi pelik bagi Sam karena kedua sahabatnya, Sobari dan Ajeb yang selama ini menemaninya telah lulus dan menyisakannya sendiri. Sam pun kembali teringat saat awal-awal masuk kuliah, dimana semua berjalan begitu menyenangkan. Sampai akhirnya jatuh cinta dan patah hati beberapa kali. Hal-hal indah perlahan mulai menjadi hal-hal yang mungkin tidak lagi indah bagi Sam.


Review Catatan Akhir Kuliah (2015)

Sebagai seorang mahasiswa yang kebetulan berada di semester akhir, terkadang, di semester-semester sebelumnya saya suka bertanya-tanya sendiri Kenapa banyak mahasiswa/i yang seharusnya sudah lulus satu tahun atau dua tahun yang lalu, tapi sampai sekarang malah masih ada di kampus. Beberapa bahkan, masih ada yang ngulang kelas. Menarik perhatian saya untuk menginterpretasi, 'kisah perkuliahaan' seperti apa yang mereka punya? 

Karena semakin lama lulusnya, tentu semakin banyak kisahnya. Catatan Akhir Kuliah (2015) kemudian menjadi salah satu referensi bagi saya untuk menginterpretasi kisah kakak-kakak senior yang masih harus berkutat dengan status mahasiswa/i nya disaat teman-teman angkatannya sudah lulus.



Catatan Akhir Kuliah akan membawa kita untuk merasakan bagaimana rasanya menjadi Sam dengan permasalahan-permasalahannya yang variatif. Dari awal kuliah, patah hati, sampai konflik dengan rasa percaya diri. Mungkin, ketika menonton film ini, kita juga dapat mengingat kembali kisah kita saat awal kuliah dulu. Beberapa adegan mungkin terkesan ada dramatisasinya, namun masih termaafkan. 

Film berdurasi  1 jam 47 menit adalah film yang tepat untuk mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir ataupun mahasiswa-mahasiswa yang skripsinya mentok karena memiliki tingkat relevansi yang cukup tinggi. Karena bagaimanapun, film ini pada akhirnya bercerita tentang sebuah perjuangan pantang menyerah yang bisa jadi inspiratif.