Bollywood selalu bisa menawarkan sensasi lain dari beranekaragam genre film. Genre thriller/mystery salah satunya. Dengan cerita yang unik dan menarik, selalu ada ketegangan yang berhasil dibangun oleh beberapa judul film thriller bollywood. Didukung dengan visualisasi dan perwarnaan yang pas, peran dari masing-masing aktor dan aktris dan gimik dari budaya India yang seringkali diikutsertakan kian mewarnai keunikan yang ditawarkan.

Meskipun, perlu diakui terkadang, adegan 'nari-nari' saat ketemu pohon dan pagar rumah ditengah film bunuh-bunuhan dan tembak-tembakan adalah sesuatu yang tidak sinkron dan mungkin agak sedikit mengganggu. Namun terlepas dari itu semua, berikut daftar 10 film Detektif/Misteri/Thriller/Aksi India (Bollywood) terseru: 

1. Ittefaq (2017)


Sinopsis By: Klik Disini

Vikram (Sidharth Malhotra) seorang penulis Inggris terkenal. Di malam peluncuran buku keduanya di Mumbai dia kembali ke hotel untuk menemui istrinya Catherine. Tetapi ditemukan meninggal dan dia melaporkan polisi. Setelah polisi tib,a dia menghindari mereka dan melaju dengan mobilnya. Sementara polisi mengejarnya mobil terbalik. Dia berhasil melarikan diri dengan luka ringan dan berusaha berlindung di sebuah apartemen. Di malam itu Maya (Sonakshi Sinha) ibu rumah tangga muda tinggal di apartemen yang sama melihat sebuah mobil polisi di luar dan bergegas meminta bantuan.

Polisi masuk ke dalam apartemen dan menemukan Vikram berdiri di samping tubuh suami Maya yaitu Shekhar yang telah dibunuh. Polisi mengambil tempat lilin bernoda darah dan mereka menemukan foto-foto terbakar di tong sampah. Dev (Akshaye Khanna) menyelidiki kasus pembunuhan ganda tersebut dan menginterogasi Maya dan Vikram.

2. Kahaani (2012)



Sinopsis By: Klik Disini

Kalighat Metro stasiun, di dalam kereta ratusan orang tewas akibat ledakan sebuah gas beracun berukuran botol susu. 2 Tahun berikutnya Vidya Bagchi (Vidya Balan) dia adalah seorang ibu yang sedang hamil dan bekerja sebagai software Engineer. Vidya datang ke Kolkata dari London untuk mencari suamainya yang hilang  di Kolkata bernama Arnab Baghci. Vidya pergi menuju kantor polisi meminta bantuan untuk mencari keberadaan Arnab. 

Vidya menjelaskan kepada Inspektur Chatterjee  bahwa suaminya datang ke Kolkata untuk bekerja di National Data Center (NDC) dan tinggal di Mona Lisa 172A di Jalan Sarat Bose. Setelah itu Vidya diantarkan oleh polisi bernama Satyoki "Rana" Sinha (Parambrata Chatterjee) menuju Mona Lisa. Sampai di sana dia bertemu dengan manager pemilik penginapan Mona Lisa dan dia mencari informasi Arnab suaminya. Pemilik penginapan tersebut menjelaskan kepada Vidya bahwa suaminya tidak pernah tinggal di sini. Namun Vidya kesal dan memutuskan untuk tetap tinggal di penginapan tersebut.

3. Drishyam (2015)



Merekayasa sebuah kenyataan dengan melakukan kenyataan, itulah yang dilakukan seorang Vijay selama film ini berlangsung. Bukan hanya bertindak sebagai pengusaha tv kabel, hobi "menonton film" yang dimilikinya membuat dirinya secara tidak langsung menjadi sutradara cerdik yang meracik sebuah skenario apik untuk melindungi keluarganya.  Film dibuka dengan scene yang cukup menipu, dimana Vijay sedang terduduk dengan tatapan kosong di sebuah kantor polisi. Cerita kemudian mengalami kilas balik dari sebelum terjadinya perkara dimana Vijay dan keluarganya adalah seorang keluarga bahagia dan cukup dihormati di desanya, hingga akhirnya sebuah petaka datang ke dunia Vijay. 

Pengenalan terhadap sosok Vijay dan keluarganya dieksekusi tidak bertele-tele dengan menonjolkan sisi bijak dan cerdik dari seorang Vijay. Pengenalan ini lah yang membuat penonton seakan dihasut untuk memihak keluarga Vijay, terlepas dari kesalahan yang telah mereka perbuat. Sebaliknya, pengenalan terhadap pihak kepolisian dieksekusi secara kurang bersahabat, dimana pengenalan polisi yang diawali dengan karakter Gaitonde seakan membuat penonton mencap bahwa polisi dalam film ini adalah sosok bringas terlepas dari kebenaran yang berusaha mereka ungkap. 

4. Dhuruvangal Pathinaaru (2016)



Rahman, seorang mantan polisi ternama, harus pensiun lebih awal karena kecelakaan yang membuatnya lumpuh beberapa tahun yang lalu. Suatu ketika, seorang teman dari Rahman meminta bantuannya untuk menasehati anaknya yang ingin menjadi polisi agar mengurungkan niatnya. Rahman pun bersedia untuk membantu temannya tersebut, lalu pertemuan Rahman dengan anak temannya itu secara tidak ia duga membawanya kembali ke ingatan masa lalunya tentang kecelakaan yang membuat dia lumpuh.

Rahman kemudian kembali mengingat kejadian tersebut, bagaimana ia menangani kasus Double murder yang tak ia sangka-sangka akan menjadi awal dari akhir karirnya sebagai polisi. Misteri yang dianggap 'tak terpecahkan' itu perlahan justru menemui titik terang yang tidak terkira oleh banyak pihak.

5. Baby (2015)



Ajay Singh adalah seorang agen anti teror asa India yang telah berpengalaman dalam membrantas segala bentuk aksi teror dari berbagai macam kelompok teror. Suatu hari, ia berhasil menangkap Jamal yang membeberkan sebuah rencana teror besar di New Delhi. Berangkat dari rencana tersebut, beberapa rencana teror lainnya mulai tercium dan membawa Ajay serta rekan-rekannya keluar dari India untuk memburu teroris.

6. Detective Byomkesh Bakshy! (2018)




Sinopsis By: Klik Disini

Mengambil setting Calcutta tahun 1940-an, ketika Jepang sedang menginvasi India. Byomkesh Bakshy (Sushant Sing) mendapat tugas pertama untuk mengungkap adanya kasus seseorang yang menghilang. Kasus ini ternyata bukan hanya sekedar tentang seorang yang hilang, lebih dari itu, karena orang yang dicari tersebut adalah salah satu ahli kimia di zaman itu. Kasus ini berkaitan dengan penyeludupan Candu (sejenis narkotika) dari China dan Jepang untuk diedarkan di seluruh India, lewat Calcutta. 

Byomeksh tinggal di sebuah rumah kos-kosan milik Dr Guha. Tidak disangka, Dr Guha adalah dalang dari semua kejadian tersebut. Bahkan, Dr Guha juga berencana untuk membantu Jepang, menguasai India. Oleh sebab itu, kasus ini begitu lekat dengan masalah politik dan penuh intrik.

7. Sinopsis Special 26 (2013)

Sinopsis by: Klik Disini

Ajay singh (Akshay Kumar), P.K. Sharma (Anupam Kher), Joginder (Rajesh Sharma), dan Iqbal (Kishor Kadam) mengaku sebagai anggota CBI. Ditemani oleh polisi Ranveer Singh dan Shanti (Divya Dutta) menggerebek rumah pak Menteri untuk melakukan penggeledahan. Mereka berempat menyita uang pak menteri yang telah disembunyikan olehnya. 

Setelah itu Ajay dan ketiga lainnya kabur meninggalkan Delhi. Sementara itu Ranveer dan Shanti menjelaskan kepada Pak menteri bahwa mereka berdua telah melakukan kesalahan kecil dan menjelaskan bahwa mereka berempat adalah anggota CBI palsu.  Beberapa hari kemudian, Ajay, Joginder dan Iqbal menuju Chandigarh menuju kediaman P.K. Sharma untuk menghadiri acara pernikahan anaknya. Beberapa hari kemudian, Ajay kembali ke Mumbai menemui pacarnya Priya (Rajesh Sharma) secara diam-diam sebab hubungan mereka ditentang oleh orang tua Priya.

8. Hotel Mumbai (2018)


Secara keseluruhan, film ini menceritakan kisah nyata yang terjadi pada 2008 di India mengenai teroris yang menyerang 12 lokasi di seluruh Mumbai. Salah satunya Hotel Mumbai dan menyebabkan ratusan orang tewas pada tragedi tersebut. Di hari penyerangan, adegan ditampilkan dengan keadaan sibuk di lobby hotel dengan para staff yang sedang sibuk menyambut tamu yang merupakan keluarga yang sedang berlibur di India. Sementara para chef sedang sibuk menyiapkan makanan untuk disajikan.

9. Ugly (2013)


Sinopsis By: Klik Disini

Shalini (Tejaswini Kolhapure) merupakan ibu rumah tangga yang kesepian dan bermasalah, kecanduan minuman keras dan depresi. Shalini merenungkan bunuh diri dengan harapan dapat menimbulkan reaksi terhaap suaminya yaitu Shoumik Bose (Ronit Roy) yang berprofesi sebagai polisi yang berperilaku seolah-olah dia tidak ada.

Shalini merasa terjebak dalam perkawinan saat Bose tidak berbicara dengannya dan memperlakukannya seperti penjahat. Ketika Shalini hendak menembak dirinya sendiri di kepala menggunakan senapan suaminya lalu anak perempuannya yang berusia 10 tahun bernama Kali (Anishika Shrivastava) memanggil ayahnya mantan suami Shalini yaitu Rahul (Rahul Bhat).

10. Vikram Vedha (2017)


Sinopsis By: Klik Disini

Film ini mengisahkan cerita klasik perseteruan Vikram dan Vedha. Inspektur Vikram (R. Mahadavan) yang berani jujur, berani dan kejam. Vikram bersama dengan rekannya Simon (Prem) merupakan bagian unit kesatuan yang dibentuk untuk menghancurkan gangster Vedha (Vijay Sethupathi) yang ditakuti.

Mendapatkan informan, mereka menyerbu sebuah rumah yang ditinggalkan para gangster dan seorang pria bersenjata bernama Pulli (Kathir) yang merupakan adik Vedha. Unit ini membuat rencana untuk serangan lainnya, Vedha masuk ke dalam kantor polisi untuk menyerahkan diri. Vedha benar-benar merasa takut akan intimidasi. Vedha tidak mengakui petugas polisi hingga akhirnya Vikram masuk ke ruang interogasi. Vedha yang licik menawarkan sebuah kisah namun Vikram tidak tertarik. Vikram percaya bahwa semua kejahatan harus dihukum dan Vedha merupakan lambang dari kejahatan.