Ini Dia 10 Film Politik Korea Selatan dengan Genre Action/Drama/Thriller Terbaik! Dijamin Daebak!


Film-film dengan tema politik tentu merupakan sebuah referensi yang dicari oleh banyak orang. Menariknya, meskipun banyak orang yang mencari referensi film tentang politik, tapi sedikit yang tahu kalau Korea Selatan menjadi salah satu negara yang industri perfilmannya memiliki banyak sekali film bertema politik baik dalam lingkup makro sampai mikro.

Bukan melulu tentang bagaimana keadilan melawan ketidakadilan, namun film tentang politik ala Korea Selatan seringkali bercerita tentang bagaimana sebuah sistem dan nilai dalam masyarakat dapat diubah karena satu dan lain hal. Tentu, politik sangat kental dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun dalam konteks ini, politik yang dimaksud bersifta makro, tentang bagaimana kepentingan sebuah kubu dapat mengintervensi sistem dan menciptakan sebuah ketidakadilan yang kemudian menciptakan sebuah perjuangan untuk melawan ketidak adilan tersebut.

Mulai dari perseteruan Korea Selatan dan Korea Utara sampai kisah nyata perjuangan rakyat Korea Selatan di tahun 1987, mulai dari Gong Yo sampai Kang Ha Neul, berikut daftar 9 film politik Korea Selatan terbaik:

1. The Spy Gone North (2018)


Sinopsis By: Klik Disini

Di tahun 1990-an, perjanjian sebuah denuklirisasi di semenanjung Korea digembar-gemborkan. Namun, di tahun 1993 di Korea bagian Utara mengancam akan menarik diri dengan alasan keamanan nasional. Peristiwa ini merupakan titik fokus mengenai peran mata-mata Black Venus dimulai.Seorang pria bernama Park Suk-young diperankan oleh Hwang Jung-min, adalah seorang perwira inteligen yang pemberani. Ia bekerja di bagian departemen pertahanan negara Korea Selatan. Ia menggunakan kedok dengan menyamar sebagai seorang penjudi yang suka mabuk-mabukan. Pada saat Park Suk-young keluar dari kemiliteran, Park menjadi pengusaha yang rakus dan ia rela melakukan apapun untuk mendapatkan uang. Setelahnya akan ada banyak intrik-intrik yang menarik dari plot cerita ini. Hingga mencapai puncaknya saat Park dibawa menuju ke Pyongyang, di mana Park memiliki hak istimewa sekali dalam seumur hidup bertemu Kim Jung-il sendiri.

Notes: Film Ini adalah salah satu film paling IPE (International Politic Economy) yang pernah saya tonton. Sangat menarik bagaimana politik disini berkesinambungan dengan aspek ekonomi yang direpresentasikan dengan 'sumber daya' dari Korea Utara yang belum terekspos. 

2. 1987: When The Day Comes (2017)


Sinopsis By: Klik Disini

Kisah 1987 arahan sutradara Jang Joon Hwan fokus menyorot kematian aktivis mahasiswa pro-demokrasi Park Jong Chul. Dia meninggal dalam sesi interogasi anti-komunis dari kepolisian. 1987 dibuka dengan adegan yang rumit. Babak awal film itu membawa penonton bertanya-tanya soal kematian mahasiswa yang membuat pemerintah Korsel kalang kabut menutupinya. Namun, justru misteri itu yang bakal diungkap sepanjang film. Tegang, pilu dan lega bakal mewarnai perasaan sepanjang menyaksikan 1987. Dari pemerintah, kepolisian, kejaksaan, wartawan dan media massa, penjara, gereja, demonstrasi mahasiswa, bentrok dan kerusuhan hingga rakyat biasa ditampilkan demi kisah 1987 yang utuh. Rekonstruksi kejadian 1987 dibuat semirip mungkin dengan peristiwa aslinya. Terbukti dengan beberapa dokumentasi berupa foto dan video dari peristiwa asli yang terlihat pada kredit di penghujung film. Drama dan sisi humanisme juga ditonjolkan dalam membalut cerita 1987. Jang Joon Hwan bahkan tak segan menampilkan kekerasan dan penyiksaan sadis agar 1987 tampak nyata. 

3. Whistle Blower (2014)


Sinopsis by: Klik Disini

Whistle Blower mengisahkan Lee Jang Hwan (Lee Kyeong Yeong) telah menerima banya pujian dari seluruh media setelah keberhasilannya dalam melakukan kloning tentang sel induk dalam embrio manusia. PD adalah sebuah program berita di salah satu TV, Yoon Min Cheol (Park Hae Il) salah satu stafnya menerima panggilan telepon dari 'tanpa nama'. Orang tanpa nama tersebut adalah Shim Min Ho (Yoo Yeon Seok) yang telah melakukan penelitian kloning dengan Lee Jang Hwan di masa lalu. Shim Min Ho mengungkapkan semua hasil kerja dan berbagai perilaku tidak etis yang dilakukan Lee Jang Hwan. Dari pihak PD, Yoon Min Cheol yang mempercayai semua perkataan Shim Min Ho memutuskan untuk mengatakan semua hal tersebut kepada publik.

4. Taxi Driver (2017)


Sinopsis By: Klik Disini

A Taxi Driver berkisah tentang seorang sopir taksi (diperankan oleh Song Kang Ho) yang setuju untuk mengantar seorang jurnalis asal Jerman (dimainkan oleh Thomas Kretschmann) ke Gwangju tanpa mengetahui bahwa ia tengah mengendarai taksinya ke tempat di mana Pemberontakan Gwangju tengah terjadi.

5. New Trial (2017)


Sinopsis By: Klik Disini

Pada tahun 2000 terjadi pembunuhan dan saat itu Jo Hyun-woo (Kang Ha-Neul) melintas mengendarai kendaraan motor dan dia terjatuh setelah berusaha menghindari seorang pria.  Beberapa saat kemudian, polisi dan detective Baek Chul-Gi (Han Jae-Young) bersama dua detective lainnya menghampiri Hyun-Woo untuk dimintai keterangan namun justru dia dipaksa untuk menjadi tersangka utama.

Alhasil Hyun-Woo harus mendekam di dalam penjara selama 10 tahun. 14 tahun kemudian, seorang pengacara Lee Joon-Young (Jung Woo) yang tengah terpuruk mendapatkan bantuan dari teman lamanya pengacara Mo Chang-Wan (Lee Dong-Hwi) untuk bergabung dengan Law Firm Themis yang dipimpin oleh Goo Pil-Ho (Lee Kyoung-Young). Joon-Young mendapatkan tugas untuk menangani kasus Hyun-Woo yang diminta ganti rugi kepada korban setelah dia bebas dari penjara.

6. The Attonery (2013)


Sinopsis By: Klik Disini

The Attorney menceritakan tentang seorang pengacara lulusan SMA, Song Woo-suk (Song Kang-ho) yang mengubah prinsip hidupnya selama ini karena tergerak menolong seorang pemuda Park Jin-Woo (Siwan) dan kawan-kawannya. Di film ini Song Woo-suk berani mengambil resiko, mengikuti nalurinya sebagai manusia dan membuang impiannya untuk hidup makmur demi membela kebenaran dan keadilan yang direnggut dari orang yang tidak bersalah.

Setelah mengetahui perlakuan kejam dan tidak adil yang dilakukan oknum pejabat terhadap Jin-Woo, pengacara Song Woo-suk akhirnya memilih untuk membela pemuda itu. Meski dia dan keluarganya harus mendapat tekanan dan ancaman, Song Woo-suk bertekad untuk melawan para pejabat negara yang telah mengkambinghitamkan Park Jin-Woo dan teman-temannya dengan tuduhan anggota komunis yang hendak memberontak pada negara.

7. The King (2017)



Sinopsis By: Klik Disini

Tae-soo (Jo In-sung) yang lahir dari keluarga miskin memutuskan untuk dapat menjadi jaksa usai mengetahui bahwa kekuatan merupakan hal yang terpenting dalam hidup dan merupakan simbol kekuatan terbesar di tahun 90-an. Usai memasuki sekolah hukum yang paling bergengsi dan mengalami perlawanan yang demokratis di Korea, Tae-soo pada akhirnya mencapai tujuan utamanya menjadi seorang jaksa akan tetapi hidupnya tidak lebih baik daripada seorang salary man. Secara kebetulan, Tae-soo bergabung dengan sekelompik jaksa yang begitu kuat dengan otoritas dan kekayaan. Tae-soo pada akhirnya merasakan kehidupan hirarki atas akan tetapi karena Tae-soo menikmati manisnya supremasi namun dia juga melihat sisi kejam dalam profesinya.

8. Violent Prosecutor (2016)


Sinopsis By: Klik Disini

Seorang pria bernama Byun Jae-Wook (Hwang Jung-min) merupakan jaksa yang pemarah yang hanya mengejar kebenaran. Byun terkenal sebab dia memiliki penyelidikan yang kasar dan sulit ditebak. Seorang tersangka yang merupakan penjahat kecil di bawah interogasi oleh Byun Jae-wook yang selanjutnya ditemukan tewas. 

Semua bukti mengarah kepada Byun Jae-wook sebagai tersangka. Byun Jae-wook diadili dan dia mendapat hukuman 15 tahun penjara. Awalnya Byun Jae-wook diperlakukan sewenang-wenang oleh para tahanan. Byun Jae-wook membantu beberapa penjaga untuk menghindari biaya di ruang pengadilan dan di dalam masalah hukum lainnya. Hal ini membuat dirinya mendapat posisi khusus di penjara. Byun Jae-wook membantu petugas maupun tahanan yang berada di penjara melalui pengetahuan dan pengalaman hukumnya. Hal in membuat tahanan setia terhadap Byun Jae-wook dan dia memperlakukan mereka dengan baik setiap kali Byun Jae-wook menerima hadiah dari para penjaga.

9. The Age of Shadows (2016)


Sinopsis By: Klik Disini

The Age Shadows yaitu mengisahkan seorang kapten polisi Korea yang bernama Lee Jung-chool (Song Kang-ho). Lee Jung-chool telah dituduh usai membasmi anggota gerakan perlawanan negaranya dari pengusa Jepang yang kejam. Akan tetapi sementara Lee Jung-chool mempunyai sejarah menjual orang-orangnya sendiri untuk dapat mengamankan posisi yang menguntungkan bagi Jepang, Lee Jung-chool telah dipukl lebih keras dari biasanya atas kematian pria bernama Kim Jang-ok (Park He-soon) yang merupakan seorang pejuang perlawanan yang dimanfaatkan untuk menjadi miliknya. Pemimpin perlawanan bernama Che-san (Lee Byung-hun) merasa bahwa jika Lee Jung-chol didekati dan ditangani dengan benar mungkin akan ada perubahan yang akan menguntungkan mereka. maka dimulailah suatu psikologis dan inkremental yang dikodekan antara Lee Jung chool dengan seorang tokoh resistensi kunci yang bernama Kim Woo-jin (Gong Yoo).

10. I Can Speak (2017)


Sinopsis By: Klik Disini

Nenek Ok Boon setiap hari selalu mendatangi kantor Park Min Jae untuk membuat pengaduan atas kejadian-kejadian yang ditemui di sekitarnya. Pegawai lama yang sudah mengetahui kebiasaan si nenek banyak yang tidak mau menghadapi nenek Ok Boon dan menugaskan Min Jae untuk menerima seluruh komplain dari sang nenek. Sementara itu, nenek Ok Boon juga mempelajari bahasa Inggris dan dia menemukan kalau Park Min Jae mahir berbahasa Inggris dan meminta tolong untuk membantu mengajarinya agar bisa fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Alasan yang disampaikan nenek Ok Boon untuk bisa berbicara bahasa Inggris yaitu agar bisa bicara dengan adiknya yang telah lama tinggal di Amerika dan adiknya itu tidak bisa bicara bahasa Korea. Namun disamping itu, ternyata ada motif lain yang begitu sensitif bagi Ok Boon sehingga ia harus belajar bahasa Inggris untuk dapat mengungkapkan kebenaran dari peristiwa kelam saat masa penjajahan Jepang dulu.