Dhuruvangal Pathinaaru (2016) adalah bukti bahwa Bollywood selalu bisa memberikan gayanya sendiri dalam meracik sensasi suspense dalam film thriller mystery. Dimulai dari sebuah insiden, memunculkan sebuah misteri, lalu mengajak penonton untuk ikut menjadi detektif dan menerka-nerka siapa pelakunya dan ada apa yang sebenarnya terjadi. Dhuruvangal Pathinaaru menawarkan sebuah tanda tanya yang cukup membuat penasaran bagi penontonnya melalui cerita yang cukup.. berputar-putar.

Ketika kita telah dibawa flashback ke sebuah cerita dan dipaparkan sebuah fakta, suatu ketika kita akan dibawa kembali ke cerita tersebut dan dipaparkan fakta yang berbeda, lagi dan lagi. Apa yang awalny kita kira benang merah, belum tentu bisa benar-benar menyambungkan jawaban untuk menjawab tanda tanya tersebut. 


Sinopsis Dhuruvangal Pathinaaru (2016)

Rahman, seorang mantan polisi ternama, harus pensiun lebih awal karena kecelakaan yang membuatnya lumpuh beberapa tahun yang lalu. Suatu ketika, seorang teman dari Rahman meminta bantuannya untuk menasehati anaknya yang ingin menjadi polisi agar mengurungkan niatnya. Rahman pun bersedia untuk membantu temannya tersebut, lalu pertemuan Rahman dengan anak temannya itu secara tidak ia duga membawanya kembali ke ingatan masa lalunya tentang kecelakaan yang membuat dia lumpuh.

Rahman kemudian kembali mengingat kejadian tersebut, bagaimana ia menangani kasus Double murder yang tak ia sangka-sangka akan menjadi awal dari akhir karirnya sebagai polisi. Misteri yang dianggap 'tak terpecahkan' itu perlahan justru menemui titik terang yang tidak terkira oleh banyak pihak.


Review Dhuruvangal Pathinaaru (2016)

Sedikit gemas untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan fakta apa yang sebenarnya terpuntir menjadi apa yang dirasakan banyak penonton kala menonton film ini. Karena kita akan diajak kembali untuk flashback ke scene yang sama, namun dipaparkan fakta yang berbeda.



Secara visualisasi, efek dan warna untuk adegan-adegan Dhuruvangal Pathinaaru dirasa pas untuk memancing suasana suspense bagi penonton. Seperti halnya visualisasi Ittefaq (2017) ataupun Khaani 2 (2016), Dhuruvangal Pathinaaru memiliki visualisasi yang sangat pas untuk film Thriller Mystery. Secara cerita, Dhuruvangal Pathinaaru cukup membuat gemas dengan banyaknya fakta yang berutar dan terpuntir. Penonton pada akhirnya akan mendapati bahwa ada sebuah kepingan yang hilang dalam pemaparan cerita untuk memecahkan misteri yang ada di film ini. Dan kepingan itulah yang kemudian akan menjadi kunci dan ditampilkan pada akhir film.

Film berdurasi 1 jam 54 menit praktis merupakan film yang sangat bersahabat bagi kalian yang membutuhkan referensi film thriller mystery bollywood yang memiliki 'bobot'. Tidak membosankan, serta memiliki cerita yang cukup rapih meskipun agak berputar-putar.