Daftar 18 Film Action/Thriller/Crime Hong Kong (Cantonese) Terbaik: Penuh Aksi, Penuh Laga


Hong Kong mungkin menjadi salah satu entitas di Asia yang memiliki kualitas dan ciri khas tersendiri untuk urusan film aksi laganya. Berbeda dengan film-film aksi China daratan (yang biasanya agak aneh dan ceritanya maksa), industri film aksi Hong Kong menawarkan sebuah gaya berbeda dengan tetap memperhatikan kesinambungan antara cerita dan tentu saja aksinya. Pada umumnya, film aksi Hong Kong bisa diklasifikasikan berdasarkan aktor dan tema besar film. 

Dalam konteks aktor, Louis Koo akan selalu menjadi aktor yang paling sering muncul. Donnie Yen, Andy Lau, Sean Lau, Nick Cheung, Aaron Kwok, menjadi nama-nama lain yang cukup intensif hadir di banyak judul film setelah Louis Koo. Dalam konteks tema besar film, film aksi Hong Kong seringkali mengambil background cerita tentang narkoba, terorisme, korupsi dalam kepolisian, dan tentunya aksi mata-mata yang menyelundup. 

Dari tema narkoba sampai terorisme, dari Louis Koo sampai Louis Koo lagi, berikut Daftar 18 Film Action/Thriller/Crime Hong Kong Terbaik: 

1. Chasing The Dragon (2016)




Crippled Ho adalah seorang imigran dari China daratan yang berlayar menuju Hong Kong bersama 3 sahabat dan saduara sekampungnya. Setelah sampai di Hong Kong, ia menjadi karakter yang menonjol karena kemampuan bertarung serta keberaniannya. Suatu hari ia bertemu Lui Lok, seorang sersan kepolisian yang kemudian banyak membantunya dari awal masa sulitnya. Dari pertemuan itu keduanya pun menjadi dekat dan Ho merasa punya banyak hutang budi yang harus dibalaskan ke Lui.

Setelah sekian lama menjadi rekan, Ho akhirnya merambah bisnis narkoba di Hong Kong. Dengan bantuan Lui dan juga kepolisian Inggris karena saat itu Hong Kong masih dalam era kolonialisme Inggris, keduanya menjadi besar dan kaya raya bersama. Hingga akhirnya terjadi konflik serius antara kepolisian Inggris dan Ho yang kemudian menciptakan dendam serta mulai terbentuknya Komisi Anti Korupsi Hong Kong yakni ICAC. Konflik tersebut kemudian menjadi sebuah titik balik yang memecah persaudaraan dan sistem koruptif kepolisian Hong Kong.

2. The White Storm (2013)



Sinopsis The White Sotrm (2013) by: klik disini

Tiga teman sejati Tin (Sean Lau), Chow (Louis Koo) dan Wai (Nick Cheung) bekerja untuk Biro Narkotika Departemen Kepolisian Hong Kong. Tiga penegak hukum itu akan mempertaruhkan nyawa mereka satu sama lain, namun misi berbahaya di Thailand menempatkan ikatan persaudaraan mereka untuk diuji. Menangkap penjahat terkenal “Eight-faced Buddha”, raja obat bius paling kuat di Asia Tenggara. Kepala inspektur Biro Narkotika, Tin (Sean Lau) menempatkan karier di atas segala-galanya, termasuk ambisi untuk meraih kenaikan pangkat dalam menyelesaikan misi internasional tersebut. Chow keberatan dengan misi itu, tapi ia sadar bahwa keberhasilan bisa menjadi tiket untuknya berhenti dari pekerjaan penyamarannya dan berharap dapat hidup normal bersama istrinya yang sedang hamil.

3. Infernal Affairs (2002)



Sinopsis Internal Affairs (2002) By: Klik Disini

Infernal Affairs bercerita tentang seorang polisi (Tony Leung, sebagai Yan) yang menyamar menjadi anggota Triad (geng Hong Kong) dan seorang anggota Triad yang menyamar menjadi seorang polisi (Andy Lau, sebagai Ming). Keduanya mata-mata tersebut masing-masing dikirim oleh kedua organisasi yang saling bermusuhan tersebut untuk mendapatkan keuntungan intelijensi di lain pihak masing-masing. seorang polisi bernama Yan (Tony Leung) ditugaskan untuk menyamar dan menginflirtasi organisasi triad pimpinan Sam (Eric Tsang) yang tidak pernah mengenal belas kasihan. Penyusupan Yan ke organisasi Sam bahkan telah berlangsung sejak lama, tepatnya sejak 10 tahun lalu ketika Yan masih duduk di akademi kepolisian. Ketika itu, Yan dibuat seolah-olah dikeluarkan dari akademi agar memudahkan penyamarannya.

4. Drug War (2012)



Sinopsis Drug War (2012) By: Klik Disini

Menceritakan mengenai seseorang pedagang narkoba bernama Choi. Disuatu saat, Choi menabrakkan mobilnya ke satu restoran serta hal tersebut membuatnya ditangkap oleh seseorang kapten polisi bernama Zhang Lei. Saat Choi tertangkap serta semuanya tanda bukti membuatnya dapat memperoleh hukuman mati, dia pada akhirnya ingin jadi informan untuk Zhang Lei supaya ia tidak memperoleh hukuman mati itu. Kapten Zhang Lei juga menyepakati hal tersebut serta mengawali operasi mereka. Choi lalu membawa Zhang Lei serta mengenalkan ia ke kebanyakan orang jadi Paman Bill. Ia membawa Zhang Lei untuk jadi suplier untuk Haha, orang yang mempunyai pelabuhan serta dapat mendistribusikan semuanya narkobanya ke negara lain. Lalu Kapten Zhang Lei berpura-pura jadi Haha pada Paman Bill yang asli. Mereka lalu pergi ke pabrik punya Choi di mana di sana mereka berjumpa dengan saudara-saudara yang bisu. Lalu mereka juga mulai menyiapkan untuk menangkap Haha yang asli. Bagaimana juga, satu percobaan yang dikerjakan untuk menangkap suadara-saudara bisu di pabrik, tidak berhasil serta mereka lalu coba melarikan diri.

5. P Storm (2019)



Sinopsis P Storm (2019) By: Klik Disini

Investigator utama Lu Zhilian ditangkap sebab mabuk dan dijatuhi hukuman penjara 3 bulan. Tiga tahun sebelumnya, pensiunan guru Liao Muzhi telah meninggal usai propertinya dibuldoser atas perintah pengembang bernama Cao Yuanyuan putra dari seorang pengusaha Tiongkok. Yuanyuan telah dikirim ke dalam penjara Chi’ao selama 6 tahun, namun baru-baru ini kemungkinan pembebasan lebih awal, dia telah mengirim ancaman terhadap cucu Muzhi yaitu Liao Yuping yang membantunya dihukum. Liao Yuping telah melaporkan hal tersebut terhadap Lu Zhilian, mencurigai beberapa petugas penjara yang melakukan korupsi. Lu Zhilian mengusulkan menyamar ke penjara. Rekan polisi Liu Baoqiang telah memperingatkan Lu Zhilian berhati-hati, sebab Huang Wenbin seorang detektif korup sebelumnya dihukum Lu Zhilian, masih menjalani hukman penjara yang sama.

6. SPL 2: A Time for Consequences (2015)




Sinopsis SPL 2 (2015) By: Klik Disini

Kit adalah polisi rahasia Hong Kong yang menjadi pecandu narkoba yang menyusup ke sebuah sindikat kejahatan yang telah menculik orang dan mengirim mereka ke Thailand, di mana korban tewas dan organ mereka dijual di pasar gelap. Dalang di balik sindikat tersebut, Pak Hung, memiliki kondisi jantung yang langka dan perlu menjalani transplantasi jantung untuk memperpanjang hidupnya. Adik Hung adalah donor ideal untuk jantung. Ketika Hung mengirim anak buahnya untuk menculik saudaranya, situasinya macet dan baku tembak pecah karena polisi telah diberitahu oleh Kit tentang rencana para penculik tersebut. Saudara Hung terluka saat baku tembak namun diselamatkan oleh polisi. Kit, di sisi lain, lolos bersama para penculik tapi sampulnya ditiup. Pria Hung membuat dia pingsan dan mengirimnya ke sebuah penjara di Thailand. Sipir kepala, Ko Chun, bekerja untuk Hung dan telah menjaga agar korban yang diculik hidup di penjara sebelum mereka dibunuh karena organ mereka. Kit dibuat untuk menjalani hukuman seumur hidup di penjara.

7. SPL 3: Paradox (2017)



Sinopsis SPL 3 (2017) By: Klik Disini

Seorang runding polisi asal Hongkong bernama Lee Chun-chi (Louis Koo) awalnya dikabarkan bahwa putrinya telah hilang ketika melakukan perjalanan ke Pattaya. Usai kabar tersebut, Lee Chun-chi akhirnya pergi ke Thailand untuk mencari putri kesayangannya yang bernama Lee Wing-chi tersebut. Di Thailand, Lee dibantu oleh detektif lokal China bernama Chui Kit dan rekannya Tak (Tony Jaa). Ia juga bertemu dengan gangster Amerika bernama Sacha (Chris Collins). Berdasarkan petunjuk yang ada, hilangnya Lee Wing-chi berkaitan dengan kasus yang melibatkan calon walikota Bangkok karena kebutuhan mendesak, yakni transplantasi jantung. Lee mencurigai asisten kandidat, Cheng Hon-sau (Gordon Lam), telah bekerja sama dengan Sacha untuk menculik putrinya.

8. Line Walker (2016)

Inspektur bernama Q (Francis Ng) dan agent bernama Ding Siu-ka (Charmaine Sheh) merupakan anggota teratas dari Departemen CIB, mereka mengejar kartel narkoba yang mengambil alih kota. Tanpa diduga, mereka mendapati pesan misteri dari secret agent yang hilang yaitu “Blackjack”. CIB pun berusaha mencari dan juga memproses Blackjack sebelum terlambat. Pemimpin mafia narkoba yang paranoid bernama Tung Pak-ho (Li Guangjie) yang memainkan pasukannya sendiri, mencurigai ada koruptor. Sementara itu Bos Blue (Nick Cheung) dan juga tangan kanannya yang bernama Shiu Chi-long (Louis Koo) berpartisipasi di dalam perjuangan internal guna menjadi yang terbaik terlepas dari persahabatn kuat mereka. Usai selamat dan juga menembak jalan keluar dari penyergapan transaksi narkoba di Rio de Janeiro di Brazil, menjadi jelas bahwa Blue merupakan Black Jack dan juga usai mengetahui hal ini, Shiu Chi-long berusaha untuk melindungi dirinya terhadap memanfaatkan identitas Blackjack.

9. SPL: Kill Zone (2005)



Detektif Polisi Hong Kong, Chan (Simon Yam) telah mengabdikan karirnya untuk menempatkan bos Triad terkenal Wong Po (Sammo Hung) di balik jeruji besi. Ketika sedang mengawal seorang saksi dengan bukti kesalahan Wong Po ke pengadilan, van polisi ditabrak dengan kecepatan tinggi oleh sebuah mobil yang dikemudikan oleh pembunuh yang kejam, Jack (Wu Jing). Kecelakaan ini membunuh saksi dan istrinya, tetapi menyisakan putri saksi yang masih kecil. Detektif Chan terluka dengan sepotong kaca di bagian belakang kepalanya. Pada saat kaca tersebut dikeluarkan, dokter menyatakan bahwa ada sebuah tumor di otak Detektif Chan. Menyadari bahwa dia tidak memiliki waktu yang lama lagi utuk hidup membuat detektif Chan lebih bertekad untuk memenjarakan Wong Po.

10. Kung Fu Jungle (2014)



Sinopsis Kung Fu Jungle (2014) by: klik disini

Film Kung Fu Jungle menceritakan tentang kisah dari seorang instruktur seni beladiri diperankan oleh Donnie Yen yang bekerja di sebuah akademi kepolisiani yang kemudian di penjara setelah membunuh seorang pria secara tidak sengaja. Lalu tiba-tiba muncul seorang pembunuh yang keji diperankan oleh Baoqiang Wang yang mengincar sang master instruktur seni bela diri yang dipenjara, sang master instruktur pun menawarkan kerja sama dengan pihak polisi dengan imbalan kebebasannya.

11. The White Sotrm 2 (2019)



Tin (Andy Lau) dan Dizang (Louis Koo) merupakan 2 anggota dari geng Triad yang sama. Suatu hari, Dizang dituduh melanggar peraturan terkait transaksi narkoba oleh sang ketua Triad. Dizang mendapat hukuman dimana jarinya kemudian dipotong oleh Tin. Setelah kejadian tersebut, hubungan Dizang dan geng Triad merenggang. Ia mengembangkan bisnis narkoba sebagai bentuk dendamnya kepada geng terdahulunya. Sementara Tin, seiring berjalannya waktu menjadi pria yang sukses di industri finansial. 

Suatu ketika, Tin dan Dizang kembali bertemu. Tin menjadi salah satu aktor anti narkoba terkemuka, sementara Dizang dituduh menjadi gembong narkoba terbesar di HongKong. Keduanya pun kembali terlibat perseteruan. 

12. Firestorm (2013)



Kisah film Firestorm (2013) bermula saat sekelompok penjahat kawakan yang dipimpin oleh Cao Nam (Hu Jun) yang terkenal kejam melakukan pencurian mobil. Kelompok tersebut dengan bersenjata tinggi menjalankan aksi pencuriannya di siang hari dan di tempat yang ramai. Orang-orang tidak ada yang bisa menghalangi mereka, bahkan polisi pun tidak berdaya melawan mereka. Kemudian seorang inspektur polisi senior bernama Lui Ming-chit (Andy Lau) berusaha untuk mengungkap kasus tersebut. Polisi tersebut berusaha mengakhiri kekejaman kelompok Nam atas orang-orang tak berdosa. Namun Lui pun sadar bahwa taktik polisi biasa tidak berguna untuk melawan kelompok tersebut. Kelompok Nam adalah kelompok yang brutal dan tidak menunjukkan belas kasihan untuk siapapun yang menghalangi aksinya.

13. Shockwave (2017)



Sinopsis Shockwave (2017) by: klik disini

Seorang pria bernama Cheung Choi-san (Andy Lau) merupakan seorang pengawas dari EOD (Explosive Ordnance Disposal Bureau). Tujuh tahun yang lalu, Cheung Choi-san menyamar dan menjadi seorang anak didik yang menyamar bagi pria bernama Hung Kai-pang (Jiang Wu), seorang kriminal yang dicari dimana dikhususkan diri dalam spesialis bom. Selama perampokan, Cheung menjelaskan identitas penyamaran dirinya dan pada saat berkoordinasi dengan polisi, Cheung berhasil membuang bom mencegah agar tidak diledakkan. Dalam kejadian itu, geng kriminal Hung yang dalam mobil tempat Cheung berada ditangkap termasuk di dalamnya adik Heung akan tetapi selama ledakan, Heung dapat melarikan diri dan mengancam akan kembali untuk dapat melakukan tindakan balas dendam.

14. Chasing The Dragon 2: Wild Wild Bunch (2019)



Logan (Tony Leung Ka Fai) adalah kepala geng yang melakukan bisnis perdagangan manusia. Misi untuk menangkap kepala geng, kepolisian Hong Kong memutuskan untuk mengirim Sky (Louis Koo), agen rahasia yang misinya adalah untuk menyusup, menyelamatkan sandera dan menangkap seluruh kelompok Logan dan membawa mereka ke pengadilan. Pejabat senior kepolisian Hong Kong bernama Li Qiang (Ren Dahua) membujuk rekannya He Tian (Gu Tianle) menyamar melintasi perbatasan di Chang-an, Dongguan, provinsi Guangdong untuk membantunya, Kapten Polisi Guangdong Zhou, menjatuhkan kriminal veteran Long Zhiqiang dan pasukannya. 

15. Line Walker 2 (2019)



Sebuah mobil menabrak pejalan kaki di Distrik Tengah, Menewaskan 5 orang dan melukai 18 orang, pengemudi ketua perusahaan jutawan Miao Guoneng selanjutnya menggorok lehernya. Ini merupakan perisiwa misterius yang kedua, menyusul insiden serupa di Dabu (Tai Po) di Wilayah Baru. Suatu malam segera usai itu, Jurnalis yang bernama Yao Keyi (Jiang Peiyao) yang sedang berbicara dengan rekannya bernama Bill (Liu Yuning) yang berada di Burma, perihal urusan yang sedang mereka kerjakan. Dia mendapati dirinya diburu seorang pembunuh, yang mengejarnya menuju bus, namun dia secara tidak sengaja diselamatkan Cheng Tao (Zhang Jiahui) yang merupakan agent penyamaran yang dulunya merupakan mantan inspektur kepala cabang kontra-terorisme dari Biro Investigasi Criminal, dan rekannya yang bernama Ye Zhifan (Wu Zhenyu) yang merupakan seorang pengawas.

16. Bullet Vanishes (2012)



Di pabrik peluru terjadi kasus pembunuhan misterius yang melekat dengan kutukan seorang buruh wanita yang menjadi korban boss Ding ,yang jahat. Sungguh mengherankan seorang boss dengan harta berlimpah berani mengajak buruhnya dalam permainan desperado rolet Rusia hanya untuk dugaan kesalahan kecil berupa hilangnya peluru. Song Dong-lu ditemani oleh seorang detektif muda , Guo Shui ( Nicholas Tse) yang terkenal sebagai penembak tercepat di Shanghai. Dua wajah cantik dari paranormal (Yang Mi ) dan dokter forensic (Yumiko Cheng) juga turut mendekorasi film ini.

17. A Witness Out of Blue (2019)



Junkie Xu Kang (Wu Haokang) tersangka dari perampokan bersenjata sebuah perhiasan di Kowloon 3 bulan sebelumnya menewaskan 4 orang tewas dan 12 orang terluka, ditemukan dengan tenggorokan digorok di flat suram. Polisi dipimpin Inspektur senior Ye Shouzheng mencurigai dia berdebat dengan pemimpin geng Wang Xinyuan yang selanjutnya membunuhnya dan kabur bersama perhiasan. Wang dan anggota lainnya Ouyang Kejian dan Hong Xiowu masih bebas. Namun polisi tidak mampu memahami mengapa geng menggunakan flat sebagai tempat persembunyian begitu lama usai perampokan. Ye Shouzheng yang detektif yang menyamar Zeng Youbiao terbunuh di dalam perampokan tersebut, diyakinkan Wang Xinyuan untuk membunuh Xu Kang, namun salah satu timnya Lin Faliang yang tidak mampu dia tahan, tidak begitu yakin.

18. Flashpoint (2007)



Sinopsis Flashpoint (2007) by: klik disini

Jun Ma adalah seorang detektif yang gampang 'panas', tidak mengindahkan peraturan, dan suka bergerak impulsif. Rekannya, Wilson, menyamar sebagai orang dalam kelompok tersebut dan berhasil mendapat kepercayaan sebagai pengawal. Wilson tidak senang dengan cara Jun yang gegabah. Perbedaan cara dalam menyelesaikan kasus tersebut seringkali memicu pertengkaran di antara mereka. Saat terjadi pertempuran antara Jun dan triad, penyamaran Wilson terkuak dan dia hampir saja terbunuh. Jun memang berhasil menangkap Archer tapi Wilson menjadi cacat seumur hidup. Saat persidangan untuk Archer ditunda, Tony melenyapkan seluruh bukti dan saksi atas aksi kejahatan mereka. Sehari sebelum persidangan Archer, tersisa satu-satunya saksi yang dapat memberatkan mereka, yaitu Wilson. Namun Wilson dijaga ketat oleh polisi. Bertekad membunuh Wilson, Tiger nekad menembus penjagaan ketat polisi. Dalam aksinya Tiger terbunuh oleh Jun. Sayangnya Julie (Fan Bingbing), kekasih Wilson ditawan oleh Tony.