The Bad Kids (2020) - Sebuah Drama 12 Episode yang Seru dan Cukup Unik: Ya, Boleh Lah


Selalu emosional tentunya untuk menilik kisah dari anak-anak yang broken home, serta single parent karena yatim ataupun piatu sejak usia dini. Lebih emosional lagi, ketika konflik pada internal keluarga yang ada ikut memperkeruh proses pendewasaan anak. Dan semakin emosional, ketika anak-anak yang broken home dan tumbuh dewasa dalam lingkungan keluarga yang berkonflik ini secara tidak sengaja menjadi saksi kunci pembunuhan yang dilakukan seorang psikopat lalu harus terlibat aksi teror meneror dengan psikopat tersebut dalam drama 12 episode. Ringkasnya, The Bad Kids (2020) adalah drama mandarin yang menawarkan kisah unik dan emosional tersebut.  

Sebagai orang yang tidak terlalu suka atau sering menonton drama atapun serial berepisode, The Bad Kids (2020) menjadi drama yang saya tonton secara spontan karena membaca review dari salah satu akun di twitter:

 
Setelah menghabiskan drama tersebut kurang dari 24 jam, bisa saya tarik kesimpulan jika drama ini adalah drama yang: ya, boleh lah. Ada banyak kisah emosional tentang definisi 'keluarga' yang memiliki point of view berbeda-beda dari masing-masing karakter. Entah dari anak yang broken home dan salah satu orangtuanya menikah lagi, sampai suami yang diragukan oleh istri dan mertua. Perasaan emosional dari berbagai macam aspek tersebut kemudian menjadi gado-gado yang mewarnai drama ini. Tentu, dengan aksi yang 'seru' dan bikin nagih.

Sinopsis The Bad Kids (2020)

Zhu Chaoyang adalah seorang anak laki-laki yang tumbuh di keluarga broken home dimana ia tinggal bersama ibunya sementara ayahnya memiliki istri baru dengan seorang anak perempuan. Setiap harinya, Zhi Chaoyang adalah anak yang dididik ambis oleh ibunya: selalu belajar, makan makanan sehat, dan tidak boleh bergaul dengan anak nakal. Hal ini kemudian yang menyebabkan Chaoyang tidak memiliki teman di sekolah. Suatu hari, ia kedatangan seorang temannya yang sudah putus sekolah yaitu Yan Liang yang membawa serta satu anak perempuan bernama Pupu yang kabur dari panti asuhan tempat mereka dititipkan. Pertemuan mereka kemudian menjadi awal dari petualangan Chaoyang karena dengan hadirnya Yan Liang dan Pupu, Chaoyang merasa hidupnya menjadi lebih bebas dan berwarna. 

Suatu hari, ketiganya menjadi saksi kunci terhadap pembunuhan yang dilakukan oleh seorang pria berkemeja putih terhadap kedua mertuanya. Bukan hanya menjadi saksi, namun Chaoyang dan teman-temannya memiliki bukti berupa rekaman pembunuhan yang dilakukan pria tersebut. Chaoyang, Yan Liang, dan Pupu kemudian terlibt aksi teror meneror dengan psikopat tersebut. 

Review The Bad Kids (2020)

Drama produksi iQiyi ini adalah drama bergenre thriller mystery yang diadaptasi dari novel populer berjudul Huai Xiao Hai (坏小孩). Meskipun bergenre thriller mystery dan bisa dibilang memiliki alur cerita yang cukup suspense, drama ini tidak menyajikan aksi thriller yang gore melainkan masih dalam batas wajar. Porsi dari keseluruhan cerita lebih didominasi oleh misteri dan konflik keluarga yang ada sehingga drama The Bad Kids ini menawarkan sebuah drama yang emosional namun tetap dapat membangun situasi suspense di setiap episodenya.


Cerita dari drama ini bisa dibilang sangat unik, mengingat 'konflik keluarga' yang diaduk secara sangat emosional bisa di mix & match dengan genre thriller yang menegangkan. Perpaduan tersebut kemudian melahirkan alur cerita yang cenderung cepat, dan mungkin tidak lambat seperti drama-drama keluarga pada umumnya. Menariknya, di episode-episode awal dari drama ini kita akan dibuat 'nagih' untuk terus melanjutkan episode baru lainnya. Karena permainan ending dari setiap episode pada drama ini terbilang cukup cerdas dimana ending-ending di setiap episode membuat kita bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi sehingga untuk mengetahui apa yang terjadi kita akan membuka episode selanjutnya. Belum lagi, di episode tertentu kita akan dibuat memihak kepada karakter yang pada awalnya kita kategorikan sebagai karakter jahat.

Masing-masing karakter memiliki kharisma yang sangat kuat dan ini juga yang menjadikan drama ini menarik. Karena masing-masing pemeran yang ada dibuat sangat kuat karakternya. Untuk visualisasi pun drama ini menghadirkan warna dan kualitas yang baik untuk mendukung situasi suspense yang berusaha dibangun melalui setiap misterinya. Menariknya lagi, disamping karkter yang kuat, akting dari masing-masing bocil (bocah cilik) yang ada seperti Chaoyang, Yan Liang, dan Pupu terbilang sangat outstanding dan sangat layak diacungi jempol. 

Secara keseluruhan, The Bad Kids (2020) adalah drama dengan cerita yang sangat unik dan cukup seru. Berbagai macam aspek seperti karakter dan visualisasi pun terbilang sempurna untuk mendukung kisah dari drama ini. Dan mengingat drama ini tidak memiliki episode yang terlalu berlebih karena hanya 12 episode saja sehingga tidak membosankan, bisa saya katakan bahwa drama ini adalah drama yang.... ya, boleh lah.