A Murderous Affair in Horizon Tower (2020): Investigasi Kasus Pembunuhan yang Super Tricky di Horizon Tower

Salah satu drama crime mystery WeTv keluaran tahun 2020 yang paling tricky, mungkin deskripsi singkat tersebut cukup tepat untuk menggambarkan A Murderous Affair in Horizon Tower. Dengan 1 korban, 2 detektif, dan 10 narasumber yang merupakan saksi dan tersangka,  A Murderous Affair in Horizon Tower memuntir segala praduga yang penonton ciptakan. Sebagai penonton, kita akan disamakan persepsi dan visinya dengan 2 detektif utama untuk menebak siapa pelaku pembunuhan sesungguhnya. Namun sayang, terlalu banyak manipulasi dari alibi para narasumber sehingga kebenaran menjadi sangat sulit untuk diungkap.

Menariknya lagi, kita akan sering ditipu oleh drama 16 episode ini terkait karakter mana yang baik dan karakter mana yang jahat. Karena setiap karakter nyatanya terlalu pandai untuk memainkan perannya masing-masing. Eksplorasi dari interogasi dengan membahas masa lalu para narasumber dan relasinya dengan korban menjadi 'gaya utama' yang membuat drama ini terasa menarik dan tidak membosankan. Karena bisa dibilang di setiap episode, kita akan mendapatkan kisah dan clue baru yang saling kait mengait.


Sinopsis A Murderous Affair in Horizon Tower (2020)

Zhong Meibao ditemukan tewas di kamar apartemennya di Horizon Tower. Ia dikenal sebagai wanita cantik dan berhati malaikat oleh para tetangganya dan penghuni apartemen lainnya. Zhong Jing Guo dan Yang Rui Sen kemudian menjadi 2 detektif yang ditugaskan untuk menangani kasus kematian Meibao. Mereka menginterogasi 10 narasumber yang memiliki relasi dekat dengan Meibao. Dari 10 narasumber tersebut, mereka kemudian mengerucutkannya menjadi beberapa orang yang dapat dijadikan tersangka.

Namun sayangnya, semakin mereka mendalami kasus semakin mereka sadar jika ada banyak kebohongan yang dipaparkan oleh para narasumber dengan motif yang tidak begitu jelas. Kasus pembunuhan Meibao kemudian menemui titik terang setelah mereka mendalami masa lalu Meibao yang cukup menyakitkan dan menyedihkan. 


Review A Murderous Affair in Horizon Tower (2020)

Secara konsep, mungkin bisa dibilang kalau A Murderous Affair in Horizon Tower memiliki gaya Mysterious Suspects ala Agatha Christie, dengan cerita yang menarik dan tidak berlebihan. Setiap investigasi dengan karakter baru yang muncul di setiap episode baru membuat drama ini tidak terasa monoton sama sekali.


Salah satu hal yang cukup menarik dari drama ini adalah kilas balik dari masing-masing narasumber ketika diintergorasi. Akan ada potongan demi potongan yang menunjukan opini dan relasi dari narasumber dengan korban, dan potongan-potongan tersebut menjadi sebuah sambungan benang merah.... yang kusut. Tugas dua detektif utama pada drama ini, 
Zhong Jing Guo dan Yang Rui Sen, kemudian menjadi semakin rumit karena harus meluruskan kembali benang merah yang kusut tersebut. Dan itulah yang membuat drama ini semakin menarik, menemukan benang merah dan meluruskannya ketika kusut karena ada hal-hal yang janggal. 

Masing-masing tokoh utama yang terlibat memiliki karakter dan persona yang begitu kuat. Masing-masing tokoh utama ini kemudian yang akan membawa penonton menyelami masa lalu dari Meibao (korban) dan menunjukkan kisha kelam dari si korban. Secara cerita, A Murderous Affair in Horizon Tower sangat menarik untuk diikuti dan didukung dengan karakter-karakter yang kuat. Secara visualisasi pun, A Murderous Affair in Horizon Tower bisa dibilang memiliki kualitas yang 'pas' dengan team ceritanya. 

Salah satu hal yang dapat mengindikasikan bahwa sebuah drama crime mystery memiliki cerita yang menarik adalah penonton yang tergesa-gesa untuk menyelesaikan setiap episode dari drama tersebut untuk memuaskan rasa penasarannya. A Murderous Affair in Horizon Tower memberikan saya rasa 'tergesa-gesa' tersebut. Secara keseluruhan, drama 16 episode dengan rata-rata durasinya 38-40 menit ini merupakan drama yang sangat layak untuk direkomendasikan.