The Long Night (2020), Drama Crime/Mystery dari Light On Series yang Keren Abies


Merancang tindak kejahatan pembunuhan di hari ini untuk mengungkap kasus pembunuhan tak terpecahkan lainnya yang terjadi pada 10 tahun lalu. Suspense-nya oke, ceritanya bagus, dan karakter-karakternya 'pas'. Mungkin 2 kalimat tadi merupakan impresi singkat saya untuk drama The Long Night (2020) yang diproduksi oleh Light On Series. Untuk penikmat film Crime & Mystery mandarin, Light on Series mungkin ibarat peti harta karun yang menyimpan banyak film suspense 'berbobot' keluaran tahun 2020. 

Setelah hadir dengan The Bad Kids, Kidnapping Game, Crismon River, Sisyphus (yang ini nggak terlalu bagus sih sebenernya) yang seluruhnya merupakan drama crime keluaran tahun 2020, kali ini Light On Series juga hadir dengan The Long Night. Menurut saya The Long Night ini merupakan drama crime mystery terbaik Light On Series sejauh ini. Disamping Kidnapping Game dan The Bad Kids yang tak kalah apik, tentunya, ya. 

Sama seperti drama Light on Series lainnya, The Long Night memiliki total 12 episode dengan rata-rata durasi di kisaran 40-45 menit. Yang membuatnya menarik adalah cerita yang begitu rapih dan penuh misteri, sehingga membuat kita penasaran terus menerus dengan apa yang sebenarnya terjadi di masa lalu. Bagaikan puzzle, susunannya akan lengkap dan menjadi satu kesatuan di bagian akhir ketika kita sudah menyelsaikan semua keping episodenya. Dan yang membuat saya merasa cukup excited di awal, ternyata drama ini memiliki 'koneksi' dengan drama misteri populer China lainnya yaitu The Burning Ice (2017). Ada koneksi melalui karakter Yan Liang yang sebelumnya digambarkan sebagai detektif handal dalam memecahkan kasus snowman di drama ini.


Sinopsis The Long Night (2020)

Seorang pengacara pintar bernama Zhang Cao ditangkap polisi karena membawa koper berisi mayat seorang pria di stasiun serta mengancam akan meledakan bom. Dalam interogasinya, diketahui bahwa mayat tersebut adalah Jiang Yang, seorang tukang servis handphone yang dulu merupakan polisi muda dan pernah mendekam di penjara. Meskipun sudah tertangkap basah, Zhang Cao tidak mengakui aksinya dan memilih untuk bungkam.

Yan Liang, seorang detektif handal dan populer, akhirnya ditugaskan untuk menangani kasus ini. Setelah melakukan penyelidikan lebih dalam, kasus ini pun akhirnya membawa Yan Liang dan tim kepolisian pada kasus tewasnya seorang pria benama Hou Gui Ping yang terjadi 10 tahun lalu. Untuk dapat menyelesaikan kasus Zhang Cao, polisi pun akhirnya menyelidiki kasus Hou Gui Ping dan menelusuri bukti yang mencengangkan. 

Review The Long Night (2020)

The Long Night menurut saya merupakan drama crime mystery terbaik China, setidaknya sampai tulisan ini dibuat. Banyak drama crime mystery China lainnya yang 'sayangnya' agak terkesan aneh dan berlebihan. Namun, The Long Night benar-benar berbeda, eksekusinya tidak berlebihan dan ceritanya berkelas. 


Percayalah, The Long Night akan menjadi 'Hidden Gem' yang menyenangkan untuk pecinta film misteri: belum banyak yang tau, tapi secara kualitas kisahnya sangat menarik. Karena fokus utama dari drama ini bukan di aksi, bukan di aktor atau aktris, tapi benar-benar di ceritanya. Cerita dari The Long Night sesungguhnya diadaptasi dari novel karya Zi Jin Chen (紫金陈). Namun kita tau, tentu tidak mudah untuk dapat mengeksekusi cerita di novel menjadi sebuah film atau drama yang dapat merepresentasikan 'cerita' di novel tersebut dengan baik. Namun The Long Night nyatanya memiliki eksekusi yang begitu apik secara film.

Secara karakter, seluruh karakter utama yang terlibat di drama ini bisa dibilang terasa begitu kuat eksistensinya. Setiap karakter memiliki andilnya masing-masing dalam melakukan investigasi dan menguak misteri. Secara analogi, masing-masing karakter seperti sedang bermain puzzle dimana mereka menyusun dan menguak misteri pembunuhan Hou Gui Ping dengan gayanya masing-masing. Masalah hadir ketika keping puzzle yang mereka susun banyak yang hilang sehingga harus dicari lagi dan lagi. 

Selain cerita, bobot kualitas dari drama 12 episode ini pun semakin dilengkapi dengan visualisasi maupun akting dari masing-masing aktor dan aktris yang begitu baik.  Secara keseluruhan, The Long Night bagi saya merupakan drama Crime/Mystery dari Light on Series yang.... keren abiess!