The Great Hypnotist (2016) mungkin bisa dibilang merupakan salah satu film psychological-mystery dengan twist yang keren parah. Untuk menggambarkan film ini, mungkin kata 'dramatwist' lebih akurat ketimbang kata dramatis. 

Eits, jangan salah. Meskipun bergenre psychological/mystery, film ini berbeda konsep dengan film pyschological ternama seperti Black Swan (2010) atau Fight Club (1999). Karena film ini bukan hanya tentang karakter utama yang skinzofernia dan menciptakan karakter lain yang sebenarnya tidak pernah ada. Tapi... beda lah, pokoknya.

Film ini akan memperkenalkan karakter tertentu lalu kemudian mengecoh penonton dengan membuat penonton pada awalnya seakan-akan bertanya 'Apa yang terjadi' pada karakter tersebut namun pada akhirnya setelah satu setengah jam penonton justru dibuat kembali bertanya 'siapa sebenarnya' karakter itu. 

 

Sinopsis The Great Hypnotist (2016)

 

Xu Ruining adalah seorang ahli hipnotis ternama yang telah menyembuhkan banyak pasien dengan metode hipnotisnya. Suatu hari, ia kedatangan seorang pasien wanita bernama Ren Xiaoyan. Xiaoyan memiliki masalah dimana dia percaya bahwa dia diikuti oleh hantu. Xu Ruining berusaha meyakinkan Xiaoyan bahwa tidak ada hantu di dunia ini, yang ada hanya gangguan psikologis yang bisa ia selesaikan dengan cara hipnotis.

Xu pun menghipnotis Xiaoyan dan menggali lebih banyak tentang masa lalunya. Namun setelah beberapa lama menghipnotis Xiaoyan, Xu sadar bahwa Xiaoyan bukanlah pasien biasa.


Review The Great Hypnotist (2016)

 

Tenang saja, kalau biasanya film China tentang drama psychology, scifi atau fantasy banyak yang aneh atau maksa jalan ceritanya, film The Great Hypnotist ini berbeda. Alur cerita yang penuh misteri dan sulit ditebak menawarkan sebuah sensasi dramatwist yang menyenangkan. Dan mungkin bisa dibilang film ini merupakan sebuah 'hidden gem' tersendiri.


 
Ada beberapa karakter penting di film ini. Namun hampir sepanjang inti film, cerita berfokus pada 2 karakter yakni Xu Ruining dan Xiaoyan Sebagai penghipnotis dan orang yang dihipnotis. Visualisasi dan instrumen musik dari film ini sendiri terasa begitu pas untuk membangun ketegangan atau suasana suspense dan mendukung alur ceritanya. 
 
Dan tentu, yang paling menarik adalah misteri dari ceritanya yang sulit untuk ditebak. Kita akan dibawa kembali ke masa lalu Ren Xiaoyan untuk mengenali karakter Xiayoan dan permasalahan yang menimpanya sebelum akhirnya kembali lagi ke masa sekarang. Namun pada akhirnya informasi yang kita dapatkan dari penggalian masa lalu Xiaoyan saja tidak cukup untuk menjawab permasalahan Xiaoyan dan alasan Xiaoyan ada di tempat itu.

Secara keseluruhan, film berdurasi 1 jam 44 menit merupakan film yang sangat layak untuk ditonton. Uniknya ada, suspense-nya ada, twistnya pun ada. Sebuah paket komplit untuk film mystery.