Beberapa tahun belakangan ini, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjadi sebuah campaign yang selalu dinanti banyak orang. Diskon gede-gedean dan banting harga abis-abisan menjadi Unique Selling Point tersendiri yang melekat kuat pada Harbolnas dan menjadikan kuartal terakhir di setiap tahun menjadi begitu dinanti-nanti bagi para deals hunter. Bukan cuma di Indonesia, double digit campaign sepeti 10.10, 11.11 samapi 12.12 nyatanya juga merupakan budaya yang melekat kuat untuk negara-negara di Asia Timur dan Asia Tenggara lainnya.

Di Indonesia sendiri, kita bisa melihat sebuah transformasi pada budaya belanja menjelang akhir tahun sebelum vs setelah Harbolnas. Sebelum adanya 10.10, 11.11 sampai 12.12, orang-orang cenderung menunggu bulan desember untuk hunting berbagai macam promo di pusat perbelanjaan. Setelah adanya Harbolnas, minat untuk belanja akhir tahun mulai berganti ke platform digital dan tidak melulu Desember, namun demand mulai terelaborasi ke bulan-bulan sebelum Desember mulai dari September, Oktober dan November.

Kalau dulu, aktivitas tawar menawar masih sangat kental terutama di pusat perbelanjaan seperti Trade Mall atau open market. Tidak jarang ketika kita pergi ke trade mall di akhir tahun, telinga kita akan dimandikan oleh kata-kata seperti:
 

Boleh kakak legging macan tutulnya.. kita lagi ada promo akhir tahun nih kak beli 1 legging macan tutul gratis 1 legging zebra..

atau..

Harga pas aja deh harga pas.. ini saya nggak ambil untung lagi loh ci Silvi loh. Mumpung akhir tahun saya kasih harga pas aja, tapi jangan kasih tau bos saya ci bisa dimarahin saya kalau ngasih harga semurah ini

Padahal kalau dipikir-pikir nggak mungkin sih kalau nggak ngambil untung disaat demandnya memang ada.

 

Semakin populernya budaya Harbolnas, aktivitas tawar menawar di akhir tahun seperti pada percakapan diatas perlahan mulai luntur. Orang-orang cenderung melirik E-commerce ataupun Marketplace sebagai tempat untuk memilih barang-barang diskonan yang mau dibeli. Karena bagaimanapun, platform E-commerce dan Marketplace menawarkan banyak sekali kemudahan dalam pengalaman bertransaksi serta tentunya barang yang ditawarkan beranekaragam. Tidak hanya legging entah yang bercorak macan tutul ataupun zebra, tentunya.

Salah satu 'barang' yang tentunya sering dinantikan diskonnya oleh anak muda adalah senakers. Entah untuk koleksi, atau dipakai sehari-hari. Akhir-akhri ini, salah satu sneakers yang menarik perhatian saya adakah Adidas Ultraboost 21 triple black. Ternyata benar, semakin tua kita akan semakin praktis, daripada beli sneakers yang gampang kotor mending langsung yang hitam semua aja, gitu.

Salah satu permasalahannya adalah harga retail dari sepatu Ultraboost terbaru Adidas ini menurut saya sangat muahal, di kisaran 3,2 juta. Sebagai orang yang cuma mau beli sneakers tapi bukan pecinta sneakers, tentu saya melirik opsi lain selain membeli sepatu tersebut secara offline. Namun karena bukan pecinta sneakers, jujur saya sama sekali tidak aware dimana atau toko online apa yang menjual senakers yang dijamin original, dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga retailnya.

Saya mulai melirik beberapa marketplace, ada beberapa toko yang menjual sneakers yang saya cari dengan harga sangat miring. Namun sayangnya, original atau tidaknya sneakers tersebut masih terasa sangat mencurigakan. Beberapa menggunakan istilah "Reject Ori" dimana para seller beragumen jika sneakers tersebut original, namun di-reject oleh pabrik karena jahitan kurang rapih. Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, beberapa orang beranggapan kalau reject ori adalah bahasa halus dari KW. Sementara, ketika ada toko lainnya menjual sneakers yang saya inginkan dan review dari pembeli sebelumnya tentang orisinalitas sepatunya terlihat meyakinkan, harganya nggak jauh beda sama harga retail. 

Begitulah dilemanya. Kalau ori, harganya mahal. Kalau murah, ori atau enggaknya mencurigakan.

Sampai akhrinya saya membuka Zalora beberapa hari lalu, dan tanpa memerlukan waktu yang lama, saya langsung memutuskan untuk membeli sneakers tersebut di Zalora. Sebagai salah satu e-commerce fashion terbesar di Asia, Zalora menawarkan penawaran yang sangat menarik di event Harbolnasnya. Salah satu metriks utama untuk hunting sneakers tentu kembali pada original atau tidaknya dan seberapa besar diskon yang bisa ditawarkan oleh e-commerce terkait.  

Ada beberapa alasan yang membuat saya tidak butuh waktu yang terlalu lama untuk membungkus Ultraboost 21 ini via Zalora, dan teruntuk orang-orang bernasib sama yang 'cuma mau beli sneakers tapi bukan pecinta sneakers jadi nggak tau harus beli sneakers dengan harga miring dan terpercaya' dimana, berikut.. 3 Alasan Kenapa Zalora Adalah Tempat yang Tepat untuk Hunting Sneakers Ori dengan Harga Cengli saat HARBOLNAS:


1. Pasti Original, Pasti Legit

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, orisinaitasi dari sneakers tentu merupakan salah satu parameter utama selain harga yang miring. Dalam hal ini, kita dapat melihat apakah senakers yang kita inginkan atau tidak dari sellernya. Ketika seller dari produk tersebut merupakan pihak Zalora secara langsung, maka barang yang diperjual-belikan adalah barang yang ada di gudang dari Zalora sendiri dimana barang tersebut merupakan barang original langsung dari brand terkait. Sementara jika dari seller tertentu, 'bisa jadi' barang tersebut juga merupakan barang original, namun barang tersebut berasal dari gudang/tempat dari seller tersebut. 

Jika kita sudah memastikan orisinalitasnya, kita tinggal perlu memastikan harganya. Dari gambar halaman product diatas, kita bisa melihat bagaimana Zalora memberikan direct discounting untuk Ultraboost 21 dari IDR 3,2 juta menjadi IDR 2,7 juta. Namun percayalah, direct discounting bukan merupakan bagian yang terbaik..

 

2. Diskon + Kode Vouchernya Itu Loh

Di campaign Harbolnas, biasanya Zalora akan menebar beberapa kode voucher. Entah voucher untuk kategori produk tertentu, atau vocuher yang bisa digunakan untuk semua produk. Jika saya perhatikan, konsep Value For Money (VFM) melalui voucher Zalora terbilang cukup 'kenceng' di setiap campaignnya. Belum lagi, ada beberapa kode voucher untuk segemntasi user tertentu seperti new user. Sehingga tak hanya vouche ron going campaign yang bisa digunakan, namun juga voucher yang cenderung ke Customer Lifecycle Management (CLM). 

Di campagin 11.11 ini, saya menggunakan kode 30% up to IDR 1.000.00 khusus produk sport. Sehingga pada akhirnya, harga yang bisa didapatkan merupakan harga Normal - Direct Discount - Voucher 30%. Kalau kita cek secara langsung berapa diskon yang kita dapatkan, kita bisa menggunakan formula: 3,2 juta - direct discount 15% - voucher 30% up to IDR 1 juta = IDR 1,904,000. Dalam hal ini, potongan yang didapatkan secara keseluruhan adalah sekitar IDR 1,296,000 atau kalau kita bagi (1,296,000 : 3,200,000) x 100%  maka keseluruhan diskon yang didapatkan adalah 40,5% dari harga normal. Lebih dari 40% diskon untuk senakers original, kapan lagi? Dan kita pun masih memiliki kemungkinan untuk mendapatkan persentase diskon yang lebih besar jika mendapatkan kode voucher dengan nominal diskon yang juga lebih besar.


3. Udah Aman, Ongkirnya Gratis, Pengririmannya Cepat, Hadeh...

Karena pembelian sneakers diatas adalah pembelian langsung ke pihak Zalora dimana disini Zalora bertindak sebagai seller, maka transaksi yang saya lakukan adalah transaksi langsung ke pihak Zalora sendiri. Sehingga saya tidak perlu terlalu risau dengan flow transfer yang berbelit-belit. Belum lagi, ongkir ditanggung dari pihak Zalora. Dan karena pengirimannya kebetulan sesama Jakarta, sehingga durasi pengirimannya hanya 1 hari setelah barang dipesan. Hari ini order, besok sampai. Jadi ya, begitu: udah aman, ongir gratis, pengirimannya juga cepat.

Tiga hal diatas merupakan beberapa alasan saya sebagai orang yang 'cuma mau beli sneakers tapi bukan pecinta sneakers' untuk hunting sneakers idaman pada saat Harbolnas di Zalora. Untuk teman-teman yang memiliki nasib sama dimana mau beli sneakers tapi minim pengetahuan tentang tempat jual beli sneakers ori dengan harga cengli, Zalora merupakan sebuah solusi pasti. Terutama, di bulan depan nanti masih akan ada 12.12 yang dimana tentunya Zalora sangat layak untuk dicermati.